Pernahkah kita berpikir bagaimana membuat aplikasi atau game di Smartphone Android, menarik bukan?.
Berbagai developer yang mempunyai peran dalam pengembangan aplikasi salah satunya Android Studio.
Disini saya akan mengulas tentang pengetahuan Android Studio, konfigurasi penginstalan, dan pemecahan masalah (sesuai referensi dan nara sumber).
Secara umum Android Studio merupakan IDE (Integrated Development Ennvironment) resmi untuk pengembangan aplikasi android. Keunggulannya sistem gradle lebih fleksibel, membangun APK lebih varian, fitur template yang memudahkan developer, tools yang sesuai standar, PROGUARD dimana developer dapat terjamin, dan lain-lain.
Gambar 1. Menunjukkan tampilan source project
















Mengandung 4 unsur, diantaranya:

  • java / - Sumber file untuk modul.
  • memanifestasikan / - file Manifest untuk modul.
  • res / - Sumber file untuk modul.
  • Gradle Scripts / - Gradle membangun dan file properti.

Gambar 2.  Menunjukkan file project build


















Gambar 3. Menunjukkan struktur project Android Studio


















Bila Anda menggunakan Project View di Android Studio, Anda akan melihat bahwa struktur Project muncul berbeda dari yang Anda dapat digunakan untuk di Eclipse. Setiap folder modul aplikasi berisi sumber set lengkap untuk modul itu, termasuk src / main / src dan / androidTest / direktori, sumber daya, membangun file dan manifest Android. Untuk sebagian besar, Anda akan perlu memodifikasi file di bawah src / direktori / utama masing-masing modul untuk update kode sumber, file gradle.build untuk membangun spesifikasi dan file di bawah src / androidTest / direktori untuk penciptaan uji kasus.

Membangun sistem Android adalah toolkit Anda gunakan untuk membangun, menguji, menjalankan dan paket aplikasi Anda. Anda dapat menggunakan fitur dari membangun sistem untuk:

  • Menyesuaikan, mengkonfigurasi, dan memperpanjang proses membangun.
  • Membuat beberapa APK untuk aplikasi Anda dengan fitur yang berbeda menggunakan Projectdan modul yang sama.
  • Menggunakan kembali kode dan sumber daya di seluruh sumber set.
  • Fleksibilitas dari membangun Android memungkinkan Anda untuk mencapai semua ini tanpa memodifikasi file sumber inti aplikasi Anda. Untuk membuat Project Android Studio, lihat Building dan Menjalankan dari Android Studio. Untuk mengkonfigurasi pengaturan dalam Project Android Studio, lihat Konfigurasi Project Gradle.
Sumber : Android Studio


Post a Comment

 
Top